Minggu, 01 Maret 2020

Penjelasan System Log Pada Linux

Nama/NIM : Ngurah Doddy Pratama/1805551022
Prodi/Fakultas/Universitas : Teknologi Informasi/Teknik/Udayana
Mata Kuliah : Network Operating System
Dosen : I Putu Agus Eka Pratama, ST MT



PENJELASAN SYSTEM LOG PADA LINUX


          Untuk melihat sistem log pada debian, ketikkan perintah cat /var/log/syslog seperti dibawah :


          Setelah mengetikkan perintah seperti diatas, akan muncul log file yang sangat banyak. Gambar dibawah merupakan sedikit contoh dari sistem log yang muncul. Berikut adalah penjelasannya :




   








     Berdasarkan gambar diatas, terdapat banyak sekali sistem log file yang muncul. terdapat informasi mengenai waktu log sistem itu terjadi (Mar 1 20:50:09) beserta nama usernya yaitu ngurahdoddy. Dalam baris log tersebut, terdapat kata DEBUG. DEBUG merupakan salah satu nama level dalam sistem log file yang merepresentasikan pesan-pesan yang berisi informasi yang umumnya digunakan ketika men-debug sebuah program. Pada gambar kedua, terdapat kata WARNING yang sangat mencolok. WARNING tersebut berisikan pesan-pesan peringatan.
     Selain DEBUG dan WARNING, masih banyak nama-nama level dari sistem log file pada debian, seperti EMERG yang artinya kondisi darurat, biasanya dibroadcast ke semua pengguna, ALERT artinya sebuah kondisi yang harus segera mungkin diperbaiki, CRIT artinya kondisi kritis, misalnya kesalahan pada perangkat keras, ERR yang artinya kesalahan-kesalahan yang terjadi, dan masih banyak lagi yang lainnya.
Previous Post
Next Post

0 komentar: