Senin, 27 April 2020

Kernel dan Kernel Linux

Nama/NIM : Ngurah Doddy Pratama/1805551022
Prodi/Fakultas/Universitas : Teknologi Informasi/Teknik/Udayana
Mata Kuliah : Network Operating System
Dosen : I Putu Agus Eka Pratama, ST., MT.



Kernel dan Kernel Linux




Apa itu Kernel?

Kernel adalah sebuah program yang merupakan inti dari sebuah sistem operasi. Kernel memiliki kontrol penuh atas segala sesuatu yang berlangsung pada sistem. Kernel berbeda dengan shell. Shell adalah sebuah program yang pada umumnya berupa CLI, dimana shell ini berinteraksi langsung dengan pengguna dan merupakan bagian terluar dari sebuah sistem operasi. Sedangkan kernel tidak berinteraksi langsung dengan pengguna, melainkan dengan shell itu sendiri dan program-program lain, juga dengan perangkat keras pada sistem termasuk prosesor (CPU), memory, dan disk drive.

Kernel merupakan suatu perangkat lunak yang membuat komunikasi atau mediator antara aplikasi dan perangkat keras, yang menyediakan pelayanan sistem seperti pengaturan memori untuk proses yang sedang berjalan, pengaturan file, pengaturan input-output, dan masih banyak lagi yang lainnya. Jadi, intinya kernel adalah penghubung antara software dan hardware.

Apa itu Kernel Linux?

Kernel Linux

Kernel Linux adalah kernel yang digunakan dalam sistem operasi Linux. Kernel Linux diciptakan oleh Linus Torvald. Kernel ini merupakan turunan dari keluarga sistem operasi UNIX, dirilis dengan menggunakan lisensi GNU General Public License (GPL), dan dikembangkan oleh pemrogram di seluruh dunia. Linux merupakan contoh utama dari perangkat lunak bebas dan open source.

Praktek Kernel Linux

Pada praktek kali ini, saya akan coba untuk mendownload lalu membuka source code dari kernel Linux versi awal. Langkah pertama adalah mendownload kernel Linux versi awal yang ada pada halaman berikut :

Setelah berhasil di download, ekstrak file tersebut sehingga akan menghasilkan folder linux seperti gambar di bawah ini.
Hasil Ekstrak

Kemudian, buka folder tersebut maka di dalamnya akan ada folder-folder terkait kernel Linux versi awal.
Folder Kernel Linux Versi Awal

Saya akan mencoba membuka folder kernel, kemudian saya membuka file keyboard.c. File ini berfungsi sebagai keyboard interrupt handler.
File keyboard.c

File hd.c berfungsi sebagai hard disk interrupt handler, hard disk I/O.
File hd.c
Previous Post
Next Post

0 komentar: